Senin, 25 April 2011

Fikom Jurnalistik

Apa itu Fikom? Apa itu Jurnalistik? Lalu apa itu Fikom Jurnalistik?


Sebagai mahasiswa komunikasi di salah satu kampus ternama di Bandung, saya ingin coba memberikan beberapa pengertian tentang fikom jurnalistik dan hal apa saja yang terkait didalamnya. Hal pertama yang akan saya jelaskan adalah sebuah pengertian sederhana dari ilmu komunikasi. Sebagai makhluk sosial kita sebagai manusia tidak akan pernah bisa hidup sendiri, kita pastinya akan dituntu untuk saling berbagi sesama makhluk hidup. Bagaimana cara kita berbagi? 

Banyak cara untuk berbagi, entah darimana kita mendapatkannya, apapun itu adalah sebuah titipan dari Yang Maha Kuasa. Titipan berarti amanat, sebagaimana mestinya sebuah amanat harus dijalankan dengan sebenar-benarnya. Salah satu contoh adalah komunikasi, komunikasi bisa disebut sebagai hal penting dalam sebagian besar kehidupan manusia, bagaimana setiap insan di dunia dapat saling berhubungan, mengenal dsb lewat komunikasi. Maka hendaklah kita belajar ilmu komunikasi, jadi apa itu Komunikasi? Sebuah Informasi atau sebuah pesan yang melewati tahap sebagai proses jurnalistik dalam setiap informasi yang tersampaikan. Darimana dan kemana komunikasi itu berjalan? Dari conveyor of information kepada recipient information oleh siapa? sources of information, darimana mendapatkan sumbernya? dari masyarakat ataupun sebuah lembaga. Jadi sebenarnya proses ini bisa dikaitkan sebagai rantai/siklus komunikasi yang bisa dijabarkan sebagai berikut, "dari kita oleh kita dan untuk kita". Lalu bagaimana proses ini berjalan? Dengan adanya bantuan media hal ini dapat berjalan menjadi sebuah proses komunikasi yang sangat unik.

Kembali lagi pada pokok bahasan apa itu Fikom? Fikom adalah sebuah singkatan dari Fakultas Ilmu Komunikasi yang menjadi sebutan populer dari cabang ilmu komunikasi. Fikom atau ilmu komunikasi terbagi menjadi tiga pembagian, yaitu; Jurnalistik, Manajemen komunikasi, dan Public Relations atau biasa disebut hubungan masyarakat.

Lalu apa itu Jurnalistik? Pengertian Jurnalistik atau Jurnalisme adalah suatu bidang kajian dari ilmu komunikasi itu sendiri, jurnalistik berasal dari kata journal, artinya catatan harian, atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti suratkabar. Journal berasal dari perkataan latindiurnalis, yaitu orang yangmelakukan pekerjaan jurnalistik.

Sekarang kita akan menjelaskan apa itu Fikom Jurnalistik. Apabila digabungkan dari pengertian diatas, maka akan mendaptkan sebuah kesimpulan bahwa Fikom Jurnalistik adalah Sebuah Kajian dari Ilmu komunikasi yang terbentuk akan sebuah sistem yang mengatur jurnalistik itu sendiri. Namun Fikom-Jurnalistik,blogspot.com ini bertujan untuk memberikan sarana informasi tentang fikom jurnalistik dan imu komunikasi itu sendiri. Bahan yang diambil kebanyakan dari mata kuliah yang saya terima saat menjalani pelajaran dikelas. Selebihnya ada banya kutipan dari para jurnalis lainnya di Google Search Engine.


Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih, semoga apa yang saya tulis menjadi barokah bagi pembacanya dan kelak di kemudian hari akan banyak orang yang lebih memahami tentang komunikasi.

0 komentar:

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !