Selasa, 21 Juni 2011

Delik Pers dalam KUHP

Delik Pers 

Pers, kata yang identik dengan wartawan, kamera, pemberitaan, bahkan acara infotainment. Pers di Indonesia mengalami dinamika yang panjang. Mulai dari perannya sebagai corong informasi publik, alat kontrol kebijakan pemerintah, media pengaduan masyarakat, media kampanye, sarana penghimpun bantuan kemanusiaan dan lain-lain, termasuk adanya pemukulan terhadap wartawan atau sebaliknya pemberitaan pers yang mencemarkan nama baik seseorang.

Dari barbagai dinamika pers di atas, satu hal yang menarik dan selalu menjadi masalah bahkan mungkin momok yang menakutkan bagi dunia pers adalah delik pers yang katanya identik dengan upaya pengekangan kebebasan pers. Kebanyakan delik pers dimulai dari pengaduan pihak yang merasa dirugikan atas sebuah pemberitaan kepada pihak yang berwajib dengan menggunakan pasal "pencemaran nama baik" dalam KUHP. Hal inilah yang dinilai kalangan pers sebagai kriminalisasi terhadap pers, dimana menggunakan ketentuan KUHP, padahal sudah ada UU No 40/1999 tentang Pers.


a. Delik Kebencian: 

Permusuhan, Kebencian atau penghinaan terhadap Pemerintah, pasal 154 dan 155.

Pernyataan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan golongan, pasal 156 dan 157


b. Delik penghinaan: 

Penghinaan terhadap penguasa atau badan umum (XI) : Barang siapa dengan sengaja di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina suatu penguasa atau badan umum yang ada di Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. (pasal 207)

Penghinaan Terhadap Presiden dan Wakil Presiden.

1. Pasal 134 : Penghinaan dengan sengaja terhadap Presiden dan Wakil Presiden diancam dengan pidana paling lama enam tahun, atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

2. Pasal 134 dan 135


c. Delik Penyebaran Kabar Bohong: 

Pemberitaan Palsu

(1). Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No. 1-3 dapat dijatuhkan. (Pasal 317)


d. Delik Kesusilaan: 

Pelanggaran kesusilaan (XII) :

(3) Kalau yang bersalah melakukan kejahatan tersebut dalam ayat pertama sebagai pencarian atau kebiasaan, dapat dijatuhkan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atas pidana denda paling banyak tujuh puluh lima ribu rupiah. (Pasal 282)


e. Pertangungjawaban Pers: 

- Hak Jawab dan Hak Koreksi dalam UU Pers yang kurang jelas diatur baik dalam substansi pasal-pasalnya maupun penjelasan mengakibatkan adanya pendapat yang pro dan kontra sebagai tindak lanjut penyelesaiannya secara hukum di pengadilan negeri. Hak Jawab dan Hak Koreksi tersebut sebenarnya merupakan pokok materi yang sangat terkait dengan pengertian delik pers yang mengarah pada Trial by Press maupun pertanggungjawaban pidana Perusahaan Pers.

- Delik pers yang harus memperhatikan faktor intern seperti investigasi, verifikasi,check and balances, dan cover both side beserta sanksinya secara jelas diatur dalam pasal 18 UU Pers yang memiliki unsur-unsur melanggar ketentuan pasal 5 ayat (1), pasal 5 ayat (2), pasal 13, di mana pasal 5 ayat (1) dan ayat (2) yang mengatur perihal pelanggaran Asas Praduga Tak Bersalah serta pers wajib melayani Hak Jawab. Berbicara perihal pengertian delik pers, maka harus dikaitkan dengan ketentuan pasal 18 tersebut diatas dan tidak mengacu pada KUHP seperti pasal 154, pasal 155, pasal 310 yang menyangkut pencemaran nama baik, dengan pengertian pasal-pasal KUHP tersebut hanyalah merupakan sarana atau alat dalam membuktikan terjadinya pelanggaran atas unsur Asas Praduga Tak Bersalah dan atau unsur pers tidak melayani hak jawab.

(sumber:http://kuhpreform.files.wordpress.com/2008/11/pertanggungjawaban leobatubara_1.pdf) 

2 komentar:

surat pengaduan

jakarta 19 October 2011
Kepada Yth,
Pers Indonesia

Dengan Hormat

Bersama ini saya anggota pers.
pada saat saya bikin sim dan saya sama abang saya Bikin Sim juga di samsat Daan Mogot.saya pakai ID Pers polisi nanya Ke abang saya kamu bayar berapa sama Pers,saya di tuduh sebagai calo,....?saya hanya membantu abang saya karena saya juga bikin sim, penghasilan supir angkot berapa sih nga mungkin dong nembak karena mahal saya mengikuti prosedur si area samsat,padahal saya tau permainan polisi di dalam samsat,

Dengan Hormat saya ingin bertanya kepada pers apakah itu mencermarkan Pers....?

Tolong di Bantu ...........?

Dengan Hormat, saya mohon maaf ats keterlambatan balasan ini.. mengingat saya baru kembali lagi mengurus blog2 saya..

Mungkin saya hanya bisa sedikit membantu, coba anda hubungi rekan saya yang pebih paham dan mungkin dapat membantu banyak, silahkan hubungi beliau : Rizky Febriansyah, SH (http://www.facebook.com/rizky.febriansyah)

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !