Selasa, 21 Juni 2011

Etika Dilema

Dalam Etika Dilema yang dikenal juga sebagai dilema moral telah menjadi masalah bagi teori etika sejauh Plato. Sebuah dilema etis dimana situasi ajaran moral atau etika konflik kewajiban sedemikian rupa sehingga setiap resolusi mungkin untuk dilema secara moral tak tertahankan. Dengan kata lain, sebuah dilema etika adalah setiap situasi di mana pedoman prinsip-prinsip moral tidak dapat menentukan tindakan yang benar atau salah.

Dalam Kode Etik Jurnalistik Pasal 6 mengatakan, “Wartawan Indonesia tidak menyalahgunakan profesi dan tidak menerima suap”. Hal ini dapat menjadi dilema bagi wartawan yang bersangkutan ketika ia menghadapi masalah tertentu. Sebagai contoh saya akan menceritakan kisah seorang wartawan:

- Pada suatu kejadian wartawan ini diberikan tugas dari atasannya untuk meliput salah satu anggota Dewan. Pada saat setelah peliputan, sang anggota dewan tersebut memberikan sebuah amplop, wartawan ini sudah mengira itu adalah suap. Ia tetap pada keidealisannya sebagai wartawan yang menjungjung tinggi kode etik, namun disisi lain anaknya sedang sakit, ia harus segera membawa anaknya ke rumah sakit. Hal ini akan menjadi dilema etis ataupun dilema moral bagi wartawan tersebut. Ada dua kemungkinan yang akan dilakukan oleh wartawan tersebut, yang pertama ia akan tetap pada keidealisannya dan yang kedua ia akan menerima amplop tersebut karena mengingat anaknya sedang sakit.

0 komentar:

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !