Selasa, 21 Juni 2011

Penulisan Berita Cetak

PENULISAN BERITA CETAK 

1. News Value 


- Mang Jajang menangis, kiosnya dijalan Kiaracondong di jarah geng motor.
- Uang 75 rb rupiah di gasak, dagangannya juga ludes.
- Di Sumedang geng motor bikin ulah.
- Mobilnya penyok, kacanya pecah, rusak berat, dompet dan handphone dicuri.
- Karena ugal-ugalan di jalan dan meyerempet sopir angkot, tujuh anggota geng motor dikejar sampai masuk kesebuah rumah warga.
- Jam 3 pagi polres sumedang tangkap 7 orang dijalan raya. Dll.


2. Unsur 5W dan 1H 

- What?
Anggota Geng Motor Resahkan Jawa Barat

- Who?
Geng Motor

- When?
Tanggal 15 dan 24 Maret 2011

- Where?
Bandung, Sumedang dan Tasik

- Why?
Penyerangan Geng Motor

- How?
Kejadian penyerangan beruntun di beberapa daerah jawa barat oleh sekelompok anggota geng motor. Hal ini membuat resah warga dan membuat beberapa oknum tak bersalah menjadi korban. Akhirnya polisi turun tangan menangani hal tersebut.



3. Straight News


Anggota Geng Motor Bikin Ulah dan Membuat Resah Warga Jawa Barat 

Jawa Barat - Senin malam (15/03/11), tepatnya pukul 10.00 WIB Bapak Kompol Kusyono selaku Kabag Operasi Polresta Tasikmalaya melakukan razia motor di beberapa daerah yang dianggap rawan geng motor. Razia ini dilakukan sampai selasa subuh, sekitar 35 orang tertangkap karena diduga merupakan anggota geng motor. Dari mereka yang ditangkap, diantaranya ada beberapa yang membawa senjata tajam berupa samurai dan celurit, selain itu ada pula yang membawa minuman keras dan lintingan ganja. Pada tanggal 21 Maret, tepatnya seminggu setelah razia, warga sekitar jalan Letnan Harun kota Tasikmalaya mengepung sebuah rumah yang didalamnya terdapat 7 anggota geng motor.

Kejadian serupa pun dialami kota Bandung, dengan maksud untuk membuat warga tenang, Polwiltabes Bandung juga mengadakan razia hari sabtu malam sampai minggu pagi. Sekitar 27 motor tertangkap karena tanpa surat-surat dan segera digiring ke mapolwiltabes bandung karena mencurigakan. Diantara mereka ada yang tertangkap tangan membawa benda-benda tajam dan miras.

Mang Jajang, salah seorang korban geng motor di Kiaracondong Bandung. Dia menangis karena kiosnya dijarah (24/03/11) oleh kurang lebih limabelsas motor. Kejadiannya berlansung sekitar pukul 01.30. Jajang kehilangan uang 75 ribu rupiah yang habis digasak, selain itu dagangannya (rokok, air mineral dan roti) pun ikut ludes. Kerugian Jajang diperhitungkan hampir sekitar 300 ribu rupiah, dan akhirnya Jajang melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kiaracondong.

Pada hari yang sama, sekitar pukul 12.30 kota Sumedang pun diresahkan oleh ulah geng motor. Sekitar sepuluh sampai tigabelas orang naik motor tiba-tiba menyerang Bambang Tri Wahyudi, seorang PNS dari Jateng (Semarang) yang sedang beristirahat dekat alun-alun Sumedang. Setelah Bambang terkapar, para pelaku lari ke arah Bandung. Mobil korban pun rusak parah, dompet dan telepon genggam Bambang raib dibawa pergi.

Beberapa hari kemudian, anggota Polres Sumedang berhasil menangkap 7 orang pelaku yang sama terhadap Bambang. Mereka tertangkap setalah melakukan aksi di kota Sumedang dan menabrak Dadang Sumarna yang tangah duduk-duduk dipinggir jalan raya tegalsari. Kasateskrim Polres Sumedang, Bapak Ajun Komisaris Riky Aries Setiawan memberikan laporan ketujuh tersangka pelaku penganiayaan daripada Bapak Bambang Tri Wahyudi adalah anggota geng Moonraker.

0 komentar:

Cara Instan Untuk Verifikasi PayPal !